Penyerahan Rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2020

Penyerahan Rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2020

Jum’at, 26 Juli 2019 DPRD Kabupaten Banjarnegara menggelar rapat Paripurna dengan agenda :

  1. Penyampaian Pidato Pengantar Penyerahan Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020.
  2. Penyerahan Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020.
  3. Penjelasan Eksekutif.

Rapat Paripurna pada kesempatan kali ini di Pimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara H. Nuryanto di dampingi Wakil Ketua DPRD H. Bawono,S.Sos,MM, Drs. H. Bambang P.S., dan Drs. H. Indarto.

Pada kesempatan ini Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono menyerahkan Rancangan KUA dan PPAS APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2020 kepada Ketua DPRD H.Nuryanto selaku Pimpinan sidang.

Sesuai mekanisme penganggaran yang diatur melalui Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah, APBD disusun didahului dengan penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD, dimana KUA dan PPAS tersebut berdasar pada Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD).

KUA PPAS tahun 2020 Kabupaten Banjarnegara memperkuat tema Pembangunan dalam RKPD, yaitu “Memantapkan Pembangunan Infrastruktur, Guna Mendukung Inklusivitas Pembangunan dan Peningkatan Daya Saing Daerah”. Untuk mendukung tema tersebut, terdapat 3 (tiga) prioritas pembangunan yang diambil :

  1. Pemantapan Pembangunan Infrastruktur Daerah.
  2. Percepatan Pembangunan Ekonomi yang berkeadilan dan berkelanjutan dengan berbasis pada potensi unggulan daearah.
  3. Pembangunan Manusia melalui peningkatan SDM dan peningkatan pelayanan dasar.

Dalam mendukung hal-hal tersebut diatas, pendanaan pembangunan melalui pendapatan diproyeksikan sebesar Rp. 1.771.009.219.647,- (Satu Trilyun Tujuh Ratus Tujuh Puluh Satu Milyar Sembilan Juta Dua Ratus Sembilan Belas Ribu Enam Ratus Empat Puluh Tujuh Rupiah).

Proyeksi Belanja Daerah dalam APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020 diproyeksikan sebesar Rp. 1.825.259.219.647,- (Satu Trilyun Delapan Ratus Dua Puluh Lima Milyar Dua Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Dua Ratus Sembilan Belas Ribu Enam Ratus Empat Puluh Tujuh Rupiah). 

Dari proyeksi pendapatan dan belanja daerah tersebut didapati defisit anggaran sebesar Rp. 54.250.000.000,- (Lima Puluh Empat Milyar Dua Ratus Lima Puluh Juta Rupiah), defisit tersebut di proyeksikan tertutup dengan pembiayaan netto dengan jumlah yang identik, sehingga penganggaran tahun 2020 menganut konsep anggaran berimbang.

Proyeksi pendapatan dan belanja tersebut merupakan proyeksi sementara, namun proyeksi tersebut diharapkan mendekati gambaran kebutuhan riil Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dalam rangka pelaksanaan program dan kegiatan APBD Tahun 2020.

 

 

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *