Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Sabtu, 17 Agustus 2019 Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara menghadiri Rangkaian Kegiatan pada Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI.

Kegiatan diawali dengan Upacara Pengibaran Bendera dan Peringatan Detik-detik Proklamasi di Alun-alun Banjarnegara, dengan Inspektur Upacara Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono. Upacara tersebut diikuti ribuan peserta dari berbagai unsur antara lain : Pasukan TNI dan POLRI, Satpol PP, Hansip, KORPRI, PNS, BUMN/BUMD, PGRI, Organisasi Kemasyarakatan, Organisasi Kepemudaan, Mahasiswa, Pelajar, PMR dan Pramuka.

Ratusan undangan juga hadir antara lain : Wakil Bupati Banjarnegara H.Syamsudin S.Pd.M.Pd., Dandim 0704 Letkol Inf. Dominggus Lopes S.Sos, Waka Polres Totok Erwansyah, Kepala Kejaksaan Negeri Banjarnegara Yuniken Pujiastuti S.H,M.Hum., Sekretaris Daerah Drs.Indarto,M.Si., Ketua DPRD Sementara dr. Amalaia Desiana,  dan jajaran forkompinda lainnya, hadir pula Anggota DPRD, para veteran, pimpinan perguruan tinggi,  tokoh masyarakat di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Peringatan Detik-detik Proklamasi ditandai dengan dibunyikan sirine dan pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan RI oleh Insperktur Upacara yakni Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono serta Pembacaan Pembukaan Undang-undang 1945 oleh Ketua DPRD Sementara dr. Amalia Desiana.

Selanjutnya sambutan Gubernur Jawa Tengah yang dibacakan oleh Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang pada intinya mengajak seluruh warga masyarakat untuk menggiatkan lagi semangat gotong royong.

“Gotong-royong adalah pembantingan – tulang bersama, pemerasan-keringat bersama, perjuangan bantu binantu bersama. Amal semua buat kepentingan semua, keringat semua buat kebahagiaan semua. Ho-lopis-kuntul-baris buat kepentingan bersama!” katanya.

Tekad kebersamaan, senasib sepenanggungan inilah yang terus kita emban untuk menghadapi zaman. Sejak dilahirkan Indonesia mendapat berbagai tantangan dan persoalan berat, mulai dari seringnya bencana alam korupsi, konflik sosial, gerakan separatisme dan radikalisme. Belum lagi tantangan modernisasi yang bergerak seiring dentang jam.

“Jangan lagi ada niatan mengganti ideologi bangsa, Perbincangan kita harus melompat jauh ke depan. Bangsa Cina dan India telah bergerak menuju Bulan, bangsa Amerika telah bersiap membangun perumahan di Mars. Meski saat ini kita belum mampu, jangan biarkan anak-anak kita hanya jadi penonton atas keberhasilan bangsa lain. Kita siapkan mereka saat ini, kita bekali mereka dengan ilmu pengetahuan dan semangat toleran, agar mereka juga bisa sampai ke Bulan, ke Mars, dan Galaksi lain. Kita lah yang menanggung dosa besar jika mereka tertinggal. Kitalah yang menanggung dosa besar jika mereka diremehkan. Kita lah yang menanggung dosa besar jika mereka dilecehkan. Gold generation harus benar-benar tercipta di tahun 2040, 20 tahun lagi. Mulai sekarang segala daya upaya, tenaga dan pikiran, jiwa dan raga kita kerahkan untuk masa depan cemerlang anak-anak kita. Kita rebut kembali kejayaan Majapahit, yang mampu ekspansi ke bagian bumi di Utara,” lanjutnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati atas nama pribadi dan Pemda mengucapkan terima kasih, atas suksesnya jalannya upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74. ” Merdeka, Merdeka, Merdeka.“ pekik Bupati Budhi Sarwono ini.

Usai upacara dilaksanakan penyerahan penghargaan Satya Lencana Karya Satya untuk PNS yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun, serta penghargaan untuk pemenang Lomba Inovasi pelayanan publik masing-masing Khusnul Khotimah S.SiT, M.Kes (kepala UPTD Puskesmas Pejawaran, dan Sunarto, S.Pd, M.Pd, Kasi Kurikulum SD Dindikpora Kab. Banjarnegara.

Selanjutnya Kegiatan Upacara Ziarah Makam di Taman Makam Pahlawan Sureng Yudha dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Banjarnegara H.Syamsudin S.Pd.M.Pd  dan dilanjutkan dengan Tabur Bunga pada semua makam pahlawan.

Kegiatan dilanjutkan menuju Lembaga Pemasyarakatan Kabupaten Banjarnegara, dan dilaksanakan Upacara Pemberian Remisi, Pemberian SK Remisi secara simbolis oleh Bupati Banjarnegara, Penyerahan kartu BRIZI oleh Bupati Banjarnegara didampingi Kepala Cabang BRI Banjarnegara dan Penyerahan cindera mata oleh Ketua Lembaga Pemasyarakatan kepada Bupati Banjarnegara, dilanjutkan dengan Pemberian Selamat dari seluruh tamu undangan yang hadir kepada seluruh tahanan.

Foto Kegiatan :

 

 

 

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *