Hadiri Gelar TTGN Ketua Sementara DPRD dapat Penghargaan dari Kemendes PDTT

Hadiri Gelar TTGN Ketua Sementara DPRD dapat Penghargaan dari Kemendes PDTT

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana menghadiri Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke 21 Tahun 2019 yang dilaksanakan di Provinsi Bengkulu, kegiatan dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang Bengkulu, kegiatan yang mengangkat tema “Melalui Gelar TTGN Tingkatkan Inovasi Teknologi Perdesaan Menyongsong Industri 4.0 dilaksanakan mulai tanggal 21 sampai 25 September 2019.

Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) merupakan event nasional tahunan yang setiap tahunya digelar bergantian di berbagai provinsi di Indonesia sejak tahun 1999 gelaran ini merupakan salah satu  cara untuk mendorong terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dalam rangka meningkatkan akses masyarakat terhadap teknologi tepat guna.

Kegiatan Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional (TTGN) ke 21 resmi dibuka oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI (Mendes PDTT RI) Eko Putro Sandjojo,BSEE,MBA., pada tanggal 22 September 2019 pukul 14.00 di Sport Center Pantai Panjang Kota Bengkulu, pembukaan di tandai dengan pemukulan dhol (alat music tradisional Bengkulu).

Dalam sambutanya Mendes PDTT RI Eko Putro Sandjojo,BSEE,MBA., mengatakan bahwa Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional bertujuan mempercepat alih teknologi dari inventor TTG kepada masyarakat, khususnya pelaku TTG di desa. Gelar TTGN adalah salah satu upaya strategis untuk memotivasi masing-masing daerah untuk dapat mengembangkan teknologi serta sebagai upaya menyebarluaskan informasi berbagai teknologi dimana beberapa jenis teknologi tepat guna dan produksinya secara visual ditampilkan dalam gelaran ini. Contoh TTG di bidang Pertanian : mesin penebar pupuk, mesin perontok padi, dll. Di bidang Usaha Kecil : mesin pengupas & pengiris buah/bawang, mesin penggiling daging, dll. Di bidang Peternakan : mesin penetas telur, mesin pemerah susu, dll.

Dalam Gelaran ini Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banjarnegara dr. Amalia Desiana mendapatkan penghargaan sebagai Pemandu Stan Favorit dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI yang ditandatangi oleh Direktur Pendayagunaan Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna Leroy Samy Uguy.

Foto Kegiatan :

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *