PERTANDINGAN PERSAHABATAN SEPAKBOLA ANTARA TIM DPRD DENGAN KONI BANJARNEGARA

PERTANDINGAN PERSAHABATAN SEPAKBOLA ANTARA TIM DPRD DENGAN KONI BANJARNEGARA

Memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat merupakan kewajiban Pemerintah dengan di dukung oleh masyarakat, jargon tersebut saat ini sudah mulai meredup padahal lewat jargon yang sederhana itu pada saat-saat itu bisa memotivasi masayarakat untuk berolahraga.

Hakikat  memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat adalah menciptakan perubahan sosial secara sengaja, dengan kelompok sasaran adalah individu-individu dari suatu msyarakat yang belum atau kurang mempunyai kebiasaan berolahraga.

Olahraga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia, yang kadang kita tidak tahu atau tidak mau tahu yaitu :

  1. Menjauhkan dari beragam penyakit
    Manfaat pertama dari olahraga adalah meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit. Kathleen Zelman, MPH, RD, LD, direktur kesehatan WebMD, menjelaskan ketika olahraga tubuh akan lebih bebas bergerak. Ini akan memicu proses metabolisme dan sirkulasi darah menjadi lebih lancar. Hasilnya tubuh lebih sehat dan kuat serta tak mudah terserang penyakit.
  2. Membuat tubuh lebih tegap
    Gerakan yang dilakukan saat olahraga merangsang semua bagian tubuh agar lebih fleksibel. Otot tubuh juga menjadi lebih elastis dan tidak kaku. Bagi anak-anak olahraga amat penting untuk menunjang postur tubuhnya. Menurut Kathleen, anak yang rutin berolahraga sejak kecil akan memiliki postur tubuh yang tegap dan tidak membungkuk saat berjalan.
  3. Merangsang pertumbuhan ideal
    Saat tubuh digunakan untuk beraktivitas, kalori yang ada di dalamnya akan terbakar lebih sempurna. Kathleen menjelaskan kalori ini akan diproses menjadi energi secara keseluruhan tanpa ada yang tersisa dan berpotensi menimbulkan tumpukan lemak tubuh. Tubuh mendapatkan suplai nutrisi yang cukup untuk melancarkan proses pertumbuhan dan perkembangan secara ideal.
  4. Meningkatkan daya pikir
    Selain bermanfaat bagi fisik tubuh, Kathleen kembali menjelaskan jika olahraga teratur juga memiliki peran yang baik untuk meningkatkan daya pikir anak. Buah dari aktivitas fisik yang dilakukan secara rutin membuat otak lebih tercukupi asupan gizinya. Otak berkembang secara berkala dan membuat si kecil lebih pintar saat proses belajar tiba.
  5. Meningkatkan nafsu makan
    Kebaikan ini mungkin yang amat dibutuhkan oleh si kecil. Gerakan yang dilakukan saat berolahraga merangsang organ pencernaan juga aktif bergerak. Organ pencernaan akan bekerja lebih optimal untuk menyesuaikan kebutuhan energi bagi tubuh. Makanan yang masuk ke dalam perut akan terproses secara keseluruhan dan membuat si kecil akhirnya mengalami lapar. Dia pun akan makan lebih lahap beragam hidangan sehat yang sudah Anda sajikan. Demikian penjelasan terakhir Kathleen Zelman yang juga ahli gizi ini.

Menyadarai akan penting dan manfaat berolahraga, maka di sela-sela kesibukannya Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara (Bp. Ismawan Setya Handoko, SE, Anggota DPRD dan jajaran Staf Sekretariat DPRD melaksanakan giat Olah Raga yaitu pertandingan sepakbola dengan Tim Koni Banjarnegara di Satdion Sumitro Kolopaking, pada hari Jumat, 18 Oktober 2019. Harapanya dengan berolahraga bersama kesehatan bisa didapat dan aspirasi masyarakat pun bisa didapat, ibarat kata sambil menyelam minum air..by humas dprd kabupaten banjarnegara.

Foto kegiatan :

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *