ANGGOTA DPRD BANJARNEGARA IKUTI ORIENTASI

ANGGOTA DPRD BANJARNEGARA IKUTI ORIENTASI

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, sikap dan semangat pengabdian Anggota DPRD Kabupaten / Kota dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, Badan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan orientasi Anggota DPRD Angkatan IX dan X. Orientasi yang diikuti oleh Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonogiri tersebut dilaksanakan selama empat hari yaitu sejak hari Kamis, 21 Oktober 2019 hingga Kamis, 24 Oktober 2019 bertempat di Grand Candi Hotel, Semarang.

Dalam laporannya, Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kabid Pengembangan Kompetensi Manajerial, Andi Suryanto, S.STP, M.Si menyampaikan bahwa salah satu dasar dilaksanakannya orientasi ini adalah Permendagri No. 133 Tahun 2017 tentang Orientasi DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten / Kota. Peserta dalam orientasi kali ini berjumlah 97 orang dengan rincian 50 Orang Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara dan 47 orang Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri, dengan narasumber adalah Gubernur/Wakil Gubernur/Sekda/Pejabat lain yang ditunjuk untuk materi muatan lokal serta  pejabat struktural / widyaiswara/Praktisi yang memiliki sertifikat Training of Trainer Orientasi Anggota DPRD.

Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah Bapak Herru Setiadhie, SH, MH dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Bapak/Ibu yang telah dipercaya masyarakat untuk mewakili duduk dalam jajaran legislatif, dengan harapan  semua dapat mengemban amanah rakyat dengan penuh tanggung jawab, tambahnya. DPRD adalah mitra strategis eksekutif dalam penyusunan anggaran, perda dan pengawasan atas kegiatan – kegiatan pembangunan oleh Pemerintah Daerah. Rekan – rekan DPRD juga menjadi saluran menyuarakan aspirasi rakyat, bagi saya itulah fungsi – fungsi kedewanan yang sangat penting untuk mendukung kemajuan demokrasi dan pembangunan bangsa ini, tambahnya.

Berkaca dari aksi unjuk rasa/demonstrasi yang dilakukan para mahasiswa, organisasi masyarakat atau apapun, harus kita pahami bahwa masyarakat apalagi mahasiswa itu sangat kritis, sekali kita salah melangkah dalam menetapkan kebijakan pasti mereka speak up, oleh karena itu saya nderek titip pesan, sebelum menetapkan kebijakan seperti perda/perbup hendaknya benar – benar dikaji dengan seksama dan komprehensif agar  tidak timbul dampak negatif bagi masyarakat. Adapun terkait fungsi kontrol, saya harap rekan – rekan dapat melaksanakannya dengan baik, ruang diskusi harus selalu terbuka agar terjadi dialektika dalam pelaksanaan pembangunan daerah, imbuhnya. Mengakhiri sambutannya, beliau berpesan terkait pembahasan APBD, prioritaskan anggaran pada kegiatan pembangunan untuk masyarakat, jaring aspirasi sebanyak mungkin dari rakyat sehingga kita tahu betul apa yang diinginkan dan dibutuhkan masyarakat. Mari kita bersinergi mewujudkan kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peran dan fungsi kita masing – masing.

Adapun orientasi selama empat hari itu berisikan materi dan pembicara :

  1. Muatan Lokal oleh Asisten Administrasi Sekda Provinsi Jawa Tengah Bapak Herru Setiyadhie, SH, MH;
  2. Building Learning Commitment oleh Ibu Diyah Mubarokah Akhadiyati, S.Pi, M.Pi;
  3. Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Wawasan Kebangsaan NKRI oleh Dr. Johan Erwin Isharyanto, SH, MH;
  4. Internalisasi Integritas oleh Dr. Munawar Noor, Ms;
  5. Pembangunan Darah dan Pengelolaan Keuangan Daerah oleh Dr. Joko Tri Wiyatno, M.Si;
  6. Sistem Pemerintahan Indonesia oleh Ir. Wardi Astuti, M.Pd;
  7. Fungsi, Tugas dan Wewenang serta Hak dan Kewajiban DPRD oleh Dr. H. Achmad Fauzi, SH, M.Si.
  8. Hubungan Kerja antara DPRD dan Kepala Daerah oleh Drs. Sutarjo, MM.

Diharapkan setelah selesai masa orientasi para Anggota DPRD sudah siap untuk melaksanakan tugas-tugas kedewanan yang tidak ringan dalam rangka untuk membangun Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera.

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *