KOMISI II DPRD BANJARNEGARA MENERIMA STUDY BANDING KOMISI IV KABUPATEN KULONPROGO

KOMISI II DPRD BANJARNEGARA MENERIMA STUDY BANDING KOMISI IV KABUPATEN KULONPROGO

Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Banjarnegara Bp. Mochammad Rachmanudin didampingi oleh anggota Komisi II Bp. Djarkasi, S.Th.I menerima Study Banding Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Swakelola kepariwisataan untuk mendongkrak PAD dan industri kayu yang menyerap tenaga kerja produktif di Kabupaten Banjarnegara. Studi banding dilaksanakan pada hari Rabu, 27 November 2019 dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kulon Progo Bapak Lojiyo Yok Mulyono.

Dalam sambutan penerimaanya Ketua Komisi II menyampaikan tentang Geografis Kabupaten Banjarnegara, PAD Kabupaten Banjarnegara dan potensi Wisata yang ada di Kabupaten Banjarnegara serta memperkenalkan OPD terkait guna menerima Study Banding tersebut. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Dwi Suryanto, Kepala Dinindagkop dan UKM Joi Setiawan serta dari Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Siti Jubaidah.

Pimpinan Rombongan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo selanjutnya menyampaikan maksud dan tujuan study banding yang antara lain ingin mengetahui tentang Swakelola Event Pariwisata yang mendongkrak PAD di Kabupaten Banjarnegara serta sejauh mana Pengelolaan Industri Kayu yang dapat menyerap tenaga kerja produktif, serta memperkenalkan anggota rombongan antara lain Ketua Komisi IV Bp. Istana beserta anggotanya yang berjumlah 8 orang.

Menanggapi tentang maksud dan tujuan study banding disampaikan paparan oleh :

  1. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bp. Dwi Suryanto antara lain tentang keberhasilan swakelola event pariwisata pada penyelenggaraan Dieng Culture Festifal (DCF), yang menurut survey dalam waktu 3 (tiga) hari berhasil mendapat kunjungan 170.000 wisatawan, yang selain event budaya juga merupakan ajang promosi pariwisata di Kawasan Dataran Tinggi Dieng. Selain DCF masih ada event yang dikelola oleh Pokdarwis-pokdarwis yaitu Ujungan di Kecamatan Susukan dan Kunduran di Kecamatan Wanayasa. Dalam rangka untuk memberikan motivasi kepada Pokdarwis selalu dilakukan pendekatan dan pembinaan, guna untuk melakukan evaluasi agar pelaksanaan kedepannya menjadi lebih baik lagi.
  2. Terkait Pengelolaan Industri Kayu disampaikan bahwa, pembinaan dan perijinan untuk industri kayu untuk Kabupaten Banjarnegara terbatas kepada Indistri berskala kecil dan menengah, sedangkan industri berskala besar menjadi kewenangan pihak Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dalam sambutan penutupan Ketua Komis II DPRD Kabupaten Banjarnegara, mempersilahkan kepada pihak Pemerintah Kabupaten Kulon Progo untuk bisa menindaklanjuti secara teknis antar dinas pariwisata Kabupaten Kulon Progo dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara.

Pimpinan Rombongan dari Komisi IV DPRD Kabupaten Kulon Progo menyampaikan, akan menindak lanjuti tentang hal tersebut, demi kemajuan pariwisata di Kabupaten Kulon Progo.

Foto-foto kegiatan

 

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *