PEMANDANGAN FRAKSI-FRAKSI DPRD TERHADAP LKPD TA 2019

PEMANDANGAN FRAKSI-FRAKSI DPRD TERHADAP LKPD TA 2019

Sebagai tindak lanjut penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2019 yang telah dilaksanakan pada hari Senin 15 Juni 2020, pada hari ini Jumat, 19 Juni 2020 dilaksanakan Sidang Paripurna DPRD tentang Penyampaian Pemandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap LKPD dimaksud. Dalam kesempatan penyampaian laporan fraksi tersebut, sebanyak 8 (delapan) fraksi DPRD Kabupaten Banjarnegara banyak menyoroti tentang tidak tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Sidang paripurna dilaksanakan secara daring atau video conference dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Bapak Guruh Tri Adi Putra, S.Akun dan dihadiri oleh seluruh wakil ketua DPRD dan sejumlah anggota DPRD. Dari unsur eksekutif hadir mewakili Bupati Banjarnegara Asisten Administrasi dan Kapala BPPKAD Kabupaten Banjarnegara. Dalam sambutannya disampaikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Banjarnegara perihal capaian opini WTP yang ke 7 (tujuh) kali berturut-turut dan juga capaian pembangunan lainnya.

Penyampaian pendapat fraksi dilaksanakan dengan sistem undian yaitu :

  1. Fraksi Golongan Karya di wakili oleh Bapak Jarkasi, S.Th.I.
  2. Fraksi PAN Indonesia Raya diwakili oleh Bapak Ryan Aditya Wahyu P, S.KM.
  3. Fraksi Nasdem diwakili oleh Ibu Udani Puji Lestari, S.Farm.Apt.
  4. Fraksi Demokrat diwakili oleh Ibu Siti Mudriati, SH.
  5. Fraksi PPP diwakili oleh Ibu Dian Eka Winartiningsih, SE.
  6. Fraksi PDIP diwakili oleh Bapak Wahyu Hidayat.
  7. Fraksi PKB diwakili oleh Ibu Ernawati Lathifah, SH.
  8. Fraksi PKS diwakiloi oleh Bapak Mukh. Nurin, S.Pd. MM.

Dari hasil penyampaian pemandangan umum fraksi tersebut beberapa hal yang menjadi pertanyaan yaitu tentang tidak tercapainya PAD, IPM yang masih rendah, penyerapan anggaran oleh OPD yang rendah, sulitnya mendapatkan pupuk bersubsidi, pensertifikatan tanah kabupaten yang belum selesai dan kinerja BUMD yang belum maksimal sehingga berdampak pada rendahnya deviden yang disetorkan ke Kas Daerah.

Dari berbagai permasalahan tersebut, dari pihak eksekutif akan menyampaikan jawabannya pada sidang paripurna yang akan dilaksanakan pada hari Senin, 22 Juni 2020 dan diharapkan jawaban yang disampaikan membawa manfaat untuk pembangunan Banjarnegara ke depan.

Foto Kegiatan :

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *