KOMISI DPRD KABUPATEN BANJARNEGARA MELAKUKAN PEMBAHASAN LKPD KABUPATEN BANJARNEGARA TA 2019

KOMISI DPRD KABUPATEN BANJARNEGARA MELAKUKAN PEMBAHASAN LKPD KABUPATEN BANJARNEGARA TA 2019

Komisi di DPRD Kabupaten Banjarnegara dalam waktu satu minggu ini dari tanggal 23 sampai dengan 26 Juni 2020 melakukan pembahasan terhadap LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) Tahun Anggaran 2019. Pembahasan dilakukan dengan melihat buku laporan keuangan yang disajikan oleh pihak eksekutif dan dilanjutkan dengan melihat secara langsung hasil-hasil pembangunan di lapangan juga melakukan rapat dengar pendapat dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pengampu pelaksana kegiatan.

  1. Komisi 1 dalam kunjungan lapangannya di Kecamatan Batur mencermati mengenai permohonan alih status tanah milik pemkab Banjarnegara yang diminta oleh Pemerintah Desa Sumberejo, tanah tersebut berada di kawasan bekas tragedi gas beracun 1979 yang berasal dari Kawah Sinila erupsi dan  mengeluarkan gas beracun yang membunuh 149 orang warga Desa Kepucukan, Batur, Banjarnegara. Desa Kepucukan setelah adanya tragedi tersebut dihapus oleh Pemerintah Kabupaten Banjarnegara dan tanahnya dicatat menjadi milik Pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Seiring berkembangnya waktu, tanah tersebut diminta oleh Pemerintah Desa Sumberejo dan mendapatkan dukungan dari segenap warga masyarakat sehingga berproses. Saat ini proses tersebut tinggal menunggu rekomendasi dari DPRD Kabupaten Banjarnegara, maka komisi 1 memprioritaskan untuk mengecek dan melihat secara langsung mengenai kebaradaan tanah tersebut. Pada hari berikutnya Komisi 1 mengunjungi Desa Kasmaran Kecamatan Pagentan guna melihat secara langsung produktifitas kopi di desa tersebut, mengingat Desa Kasmaran merupakan salah satu sentra penghasil kopi di Kabupaten Banjarnegara.
  2. Komisi 2 berkonsentrasi ke lapangan antara lain ke kecamatan Batur, Kecamatan Rakit dan Kecamatan Klampok guna melihat permasalahan yang menimpa para petani di Kabupaten Banjarnegara, yaitu mengenai sulitnya mencari atau membeli pupuk bersubsidi. Masalah ini terjadi tiap tahun, terutama dalam masa musim tanam dikala para petani membutuhkan pupuk yang banyak. Berkaitan dengan hal tersebut komisi 2 melakukan kunjungan langsung guna mendengar keluhan para petani secara langsung dan akan disinkronkan dengan melihat ketersediaan pupuk bersubsidi di gudang distributor pupuk. Untuk mengatasi masalah tersebut akan dilaksanakan rapat dengar pendapat dengan OPD terkait serta pihak PUSRI selaku penyedia pupuk unyuk diedarkan kepada para distributor. Diharapkan permasalahan distribusi pupuk bersubsidi segera terselesaikan dan para petani mudah mendapatkan pupuk bersubsidi guna menekan biaya produksi.
  3. Komisi 3 masih berkutat melihat secara langsung hasil-hasil pembangunan dalam bidang infrastruktur, dengan melihat sampel pembangunan di kecamatan Susukan, pembangunan pasar Mandiraja dan Pembangunan Infrastruktur di Kecamatan Madukara. Kunjungan ini untuk memastikan, sejauh mana kondisi pembangunan di lapangan dibandingkan dengan anggaran yang tersedia, serta memastikan kulitasa bangunan, volume bangunan dan kemanfaatannya terhadap masyarakat Kabupaten Banjarnegara.
  4. Komisi 4 melakukan monitoring dan evaluasi dalam bidang pendidikan dan kesehatan yaitu ke SMP satu atap di Kecamatan Pagedongan, pondok pesantren di Kecamatan Kalibening dan beberapa puskesmas di Kecamatan Susukan. Kunjungan ini dilakukan untuk melihat dilapangan bagaimana kesiapan pelaksanaan pendidikan baik di sekolah maupun di pondok pesantren akan berjalan di era new normal saat pandemic covid-19 ini. Selain kesiapan pendidikan juga dilakukan ceking di puskesmas, hal ini untuk memastikan berjalannya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan dan juga bagaimana perlindungan bagi tenaga kesehatannya.

Dari hasil kunjungan lapangan dan juga dengar pendapat dengan OPD terkait, akan dilaporkan dalam sidang paripurna guna melengkapi pembahasan LKPD Tahun Anggaran 2019 sebelum mendapatkan persetujuan dari DPRD Kabupaten Banjarnegara.

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *