Perwakilan Penambang dan Forum Banjarnegara Bersatu pada hari Selasa, 7 Juli 2020 melakukan audiensi dengan DPRD Kabupaten Banjarnegara untuk menyampaikan aspirasinya terkait dengan pemortalan jalan Mantiranom-Masaran. Ada sekitar seratus orang yang datang untuk menyampaikan apa yang menjadi keinginan mereka.

Dalam audiensi yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, SE didampingi Wakil Ketua DPRD, Anggota Komisi 2 dan 3 dan perwakilan pendemo sejumlah 30 orang berjalan dengan tertib. Sementara perwakilan pendemo lainnya pada awalnya tidak diperbolehkan masuk ke halaman gedung DPRD, hal ini untuk menjaga keamanan fasilitas negara namun setelah dilakukan negosiasi yang dimediasi oleh pihak Kepolisian akhirnya pendemo lainnya diperbolehkan masuk ke halaman.

Dalam audiensi ini, masyarakat penambang dan forum banjarnegara bersatu menyampaikan aspirasinya yang diwakili oleh Setiawan Budhiarto, yaitu :

  1. Peningkatan kelas jalan Mantiranom dari jalan kelas 3 menjadi jalan kelas 1.
  2. Perlindungan akses jalan Mantrianom Tampomas yang merupakan jalur ekonomi masyarakat.
  3. Penolakan dari gabungan pengusaha tambang dan forum banjarnegara bersatu atas pemortalan jalan Mantiranom Tampomas.

Apa yang disampaikan oleh perwakilan pendemo merupakan aspirasi yang pernah di sampaikan pada tahun 2018, yaitu mengenai pemortalan jalan tersebut dan memohon dalam waktu 2 (dua) minggu ada kejelasan terkait tuntutannya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD akan melakukan rapat dengar pendapat dengan OPD terkait dan dilanjutkan Publik Hearing guna menggali banyak masukan dari masyarakat yang terdampak langsung oleh keberadaan portal tersebut, sehingga apapun keputusan atau kebijakan yang diambil oleh DPRD dapat mengakomodir kepentingan masyarakat yang lebih banyak walaupun tidak bisa memuaskan semua pihak.

Foto Kegiatan :