Agenda kegiatan DPRD Kabupaten Banjarnegara pada pagi hari ini, Jum’at 17 Juli 2020 adalah sidang paripurna dengan agenda Penyerahan Rancangan KUA PPAS APBD Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2021. Sidang yang dipimpin oleh ketua DPRD kabupaten Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, SE dihadiri oleh Bupati Banjarnegara, sekretaris daerah kabupaten Banjarnegara, OPD bppkad dan baperlitbang serta OPD lainnya dengan menggunakan teleconverance. Hadir pula memenuhi quorum sejumlah 30 Anggota dprd kabupaten Banjarnegara.

Mengawali kesempatan sambutannya, bupati Banjarnegara Budhi Sarwono mengajak semua pihak untuk berdoa supaya wabah covid 19 segera berakhir dan diangkat dari muka bumi, dan marilah kita berikhtiar bersama untuk menangani virus covid 19 diseluruh penjuru Banjarnegara demi keselamatan warga Banjarnegara tercinta. Beliau menyampaikan bahwa sesuai amanah, kepala daerah menyusun rancangan KUA PPAS berdasarkan RKPD, menyampaikan kepada DPRD untuk dibahas dan disepakati bersama antara kepala daerah dan DPRD, oleh karena itu rancangan KUA PPAS kabupaten Banjarnegara tahun anggaran 2021 telah kami susun dan perlu kami sampaikan bahwa penyusunan KUA PPAS ini dilaksanakan pada masa transisi implementasi beberapa peraturan perundang-undangan yakni PP nomor 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah, Perpres no 33 Tahun 2020 tentang standarisasi harga satuan regional dan Permendagri no 90 tahun 2019 tentang klasifikasi, kode dan nomenklatur perencanaan pembangunan dan keuangan daerah.

Dalam kebijakan umum anggaran kabupaten Banjarnegara tahun 2021 proyeksi pendapatan daerah Rp. 1.714.653.707.700 sedangkan proyeksi belanja 1.777.753.707.700 sehingga terdapat defisit sebesar Rp. 63.100.000.00. kondisi defisit rencana akan ditutup dengan pembiayaan netto yang diproyeksikan sebesar Rp. 70.000.000.000. Adapun program prioritas untuk belanja langsung sebesar Rp. 703.108.325.200 diarahkan mendukung kebijakan berupa pemantapan pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas hidup dan sumberdaya manusia, peningkatan inovasi dan daya saing daerah melalui pemanfaatan sistem pemerintahan berbasis elektronik, penyederhanaan regulasi guna mendorong tumbuhnya investasi, meningkatkan tata kelola pemerintahan dan reformasi birokrasi. Mengakhiri sambutannya bupati Banjarnegara berharap KUA PPAS dapat dibahas serta disepakati bersama sebagai pedoman Bagi perangkat daerah dalam menyusun rencana kerja anggaran satuan kerja perangkat daerah, mari terus bersama mewujudkan Banjarnegara yang bermartabat dan sejahtera, tambahnya.

Rapat dilanjutkan dengan penyerahan rancangan KUA PPAS oleh Bupati Banjarnegara kepada ketua DPRD dan kemudian Sekretaris Daerah kabupaten Banjarnegara H. Drs. Indarto, M.Si menyampaikan penjelasan eksekutif atas rancangan KUA PPAS Tahun Anggaran 2021 tersebut. Setelah diserahkannya Rancangan KUA dan PPAS Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2021 tersebut, untuk selanjutnya Anggota DPRD Banjarnegara akan melakukan pembahasan.