BANJARNEGARA – Dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke – 75 Republik Indonesia, DPRD Kabupaten Banjarnegara menggelar Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda mendengarkan Pidato kenegaraan yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo.

Rapat Paripurna Istimewa dipimpin oleh Ketua DPRD Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, SE, didampingi Wakilnya. Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono, Wakil Bupati H. Syamsudin, S.Pd., M.Pd, Sekda Banjarnegara Drs. Indarto, M.Si, Forkompinda, serta anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara turut hadir dalam Rapat Paripurna dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan ke – 75 Republik Indonesia..

Rapat Paripurna Istimewa DPRD dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2020 di ruang Rapat Paripurna DPRD dan dimulai pukul 08.45 WIB bertepatan dengan akan dimulainya Sidang Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI di Jakarta. Setelah pembukaan rapat dilaksanakan, pimpinan rapat beserta Bupati dan Wakil Bupati dan anggota Forkompinda  menempatkan diri di tempat duduk yang telah disediakan di depan anggota DPRD, untuk menyimak pidato Presiden.

Dalam pidatonya, Presiden menegasakan bahwa Indonesia siap menghadapi persaingan global. Persaingan ini dituntut untuk menonjolkan kreativitas, inovasi, dan kecepatan dalam menghadapinya. Demikian pula dengan keterbukaan akan dihadapi dengan kewaspadaan terhadap apapun yang mengancam kedaulatan NKRI.

Pada kesempatan ini Presiden juga meminta izin kepada anggota dewan untuk memindahkan ibukota Negara ke Kalimantan. Menurut beliau, ibukota Negara bias menjadi representasi kemajuan bangsa. Pemindahan ibukota juga sebagai upaya untuk memeratakan sektor perekonomian.