Djarkasi,S.Th.I menghadiri kegiatan Deklarasi dan Focus Group Discussion (FGD) Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Instansi, Perusahaan dan peran serta PokDar KAMTIBMAS tahun 2020 di Balai Apung Surya Yudha pada Kamis, 27 Agustus 2020. Kegaiatn tersebut dilaksanakan  dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19, sekaligus Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru serta Penerapan disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 di Kabupaten Banjarnegara.

Deklarasi dibacakan oleh Bupati Budhi Sarwono, diikuti oleh jajaran Forkompimda Kabupaten Banjarnegara, antara lain Kapolres, Dandim 0704, Kejari, Ketua Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, ketua DPRD. Kegiatan dihadiri pula oleh perwakilan BPBD, Satpol PP, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), ketua ormas pemuda dan keagamaan, serta unsur swasta atau badan usaha.

Isi dari Deklarasi tersebut adalah :

  1. Siap melaksanakan instruksi Presiden RI No. 06 Tahun 2020 dan Peraturan Bupati Banjarnegara No. 44 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kab. Banjarnegara.
  2. Melaksanakan Pendisiplinan dan Penegakan Hukum bagi masyarakat dalam penerapan Protokol Kesehatan guna mengurangi penularan dan penyebaran Covid-19.
  3. Akan memberikan contoh dan teladan bagi masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan di lingkungan masyarakat.

Dalam sambutanya Bupati Banjarnegara mengatakan bahwa “Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi resiko wabah pandemi covid-19, seluruh masyarakat diharuskan untuk beradaptasi dengan tatanan hidup baru,agar bisa bertahan dalam situasi sekarang ini dengan tetap bekerja, belajar, dan beraktivitas secara produktif.

Ia juga berharap kebiasaan baru dengan pola disiplin hidup sehat sesuai protokol kesehatan itu dapat menjadi norma sosial dan norma induvidu baru dalam kehidupan sehari-hari. Bupati juga berharap agar Peraturan Bupati No. 44 Tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan yang ditetapkan tanggal 10 Agustus dapat di sosialisasikan kepada masyarakat.

Kapolres Banjarnegara AKBP Fahmi Arifrianto menambahkan, pihaknya siap menegakkan disiplin atas Instruksi Presiden dan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 44 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan.

Foto Kegiatan :