9 September 2020 Ryan Aditya Wahyu Pradana S.KM., Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Banjarnegara menghadiri undangan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan, dalam pelaksanaan Kampanye Publik Sedimentasi dan Sanitasi “Strategic Irrigation Modernization Urgent Rehabilitation Project”  (SIMURP) Daerah Irigasi Banjarcahyana di Aula Kantor Kepala Desa Tanjunganom Kecamatan Rakit.

Kegiatan dihadiri oleh Bapak Andi Supriatna mewakili Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, perwakilan dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Serayu Bapak Imam, perwakilan dari Balai PSDA Serayu Citanduy, Kepala Desa Tanjunganom Suwahyo, perwakilan dari DPUPR dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjarnegara dan Purbalingga, Kapolsek dan Koramil setempat, Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Tirta Lestari Daerah Irigasi Banjarcahyana beserta Anggota P3A sekitar desa Tanjunganom.

Kegiatan yang merupakan bagian dari strategi Pemerintah yang berkesinambungan untuk perkuatan kelembagaan program dari Balai Besar Wilayah Sungai.Tujuannya untuk menyebar luaskan serta menginformasikan pentingnya penanganan sedimen dan pemantauan kualitas air pada saluran irigasi. Fokus utamanya adalah pengingkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam pengelolaan sistem irigasi dan peningkatan kapasitas kelembagaan pengelolaan irigasi, karena seperti diketahui bahwa saluran irigasi yang baik ikut menunjang program ketahanan pangan.

Terjadinya banyak kerusakan pada saluran irigasi, dikarenakan saluran irigasi menjadi tempat pembuangan sampah dan terjadi penumpukan limbah dapat menyebabkan dampak sosial terutama pada para petani pemakai air dan masyarakat luas pada umumnya. Kampanye tersebut juga digunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan petani untuk menjaga dan melakukan pemeliharaan pada saluran irigasi.

Program kegiatan kampanye SIMURP pada periode ini dilaksanakan pada 2 lokasi yakni Daerah Irigasi kedung putri Purworejo dan Daerah Irigasi Banjarcahyana Banjarnegara-Purbalingga pada tanggal 8 dan 9 September 2020.

Foto Kegiatan :