Pada Hari Rabu 13 Maret 2019, Pimpinan DPRD Kabupaten Banjarnegara H. Bawono,S.Sos,MM,. Drs. H. Bambang Prawoto Sutikno,A.Md, Drs. H. Indarto di dampingi Kepala Sub Bagian Humas Protokol Sekretariat DPRD Kabupaten Banjarnegara Gatot Suprapto,S.IP beserta Staf melaksanakan Kegiatan Dewan Menyapa. Kegiatan tersebut dikemas dalam acara “Warung Tarsun” yang merupakan siaran langsung / On Air di RRI Purwokerto.

Tema yang diangkat dalam Acara tersebut adalah Pelaksanaan Tugas Pokok dan Fungsi DPRD Kabupaten Banjarnegara pada Masa Sidang Pertama Tahun 2019, kegiatan tersebut berlangsung satu jam mulai pukul 15.00 s/d 16.00 WIB.

Dalam acara tersebut Pimpinan DPRD menjelaskan Tugas Pokok Fungsi DPRD Kabupaten Banjarnegara sebagai berikut :

  1. DPRD memiliki tiga fungsi, yaitu :
  2. Legislasi, yang berkaitan dengan pembentukan Peraturan Daerah.
  3. Anggaran, yakni berkaitan dengan Kewenangan dalam hal anggaran daerah (APBD)
  4. Pengawasan,yakni Kewenangan mengontrol pelaksanaan Peraturan Daerah dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah dll.
  5. Berkaitan dengan Tugas dan Fungsi tersebut, pada Masa Sidang ke 1 (satu) Tahun 2019 yakni mulai Januari s/d April 2019, ada beberapa hal yang sudah dan akan dilaksanakan sebagai berikut :
  6. Legislasi, yang berkaitan dengan pembentukan Peraturan Daerah.
  • Mengusulkan dan Membahas Raperda Inisiatif ( Usul Prakarsa) DPRD sebagai berikut :
  • Raperda Penyelenggaraan Reklame (Komisi I)
  • Raperda Pengelolaan Parkir (Komisi III)
  • Raperda Ketahanan Keluarga (Komisi IV)
  • Pembahasan 13 Raperda (10 Raperda dari Eksekutif dan 3 Raperda Inisiatif DPRD).
  • Menyusun dan Membahas Raperda Perubahan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara dari semula Tanggal 22 Agustus, menjadi Tanggal 26 Februari.
  1. Anggaran, yakni berkaitan dengan Kewenangan dalam hal Anggaran daerah (APBD)
  • Penyerahan Pokok-pokok Pikiran DPRD sebagai bahan Penyusunan RKPD dan Penyusunan APBD Perubahan 2018 dan Penyusunan APBD 2019.
  1. Pengawasan, yakni Kewenangan mengontrol pelaksanaan Peraturan Daerah dan peraturan lainnya serta kebijakan pemerintah daerah dll.
  • Membahas Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Anggaran Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2018 (LKPJ) yang draftnya diserahkan kepada DPRD pada hari ini Rabu, Tanggal 13 Maret 2019.
  • Monitorning dan Evaluasi Pelaksanaan Kegiatan APBD Tahun 2018.
  1. Disamping Tugas Pokok Fungsi tersebut DPRD juga telah melaksanakan kegiatan lainnya dalam rangka mendukung dan mensosialisasikan Kegiatan DPRD.
    1. Melakukan Reses ke I (satu) pada Masa Sidang Pertama Tahun 2019, untuk menjaring Aspirasi Masyarakat.
    2. Melaksanakan kegiatan Saba Desa untuk mensosialisasikan Layanan Publik Kabupaten Banjarnegara dan mendekatkan Anggota Dewan dengan Masyarakat.
    3. Melaksanakan kegiatan Parlementaria dengan Agenda Simulasi Sidang Paripurna dengan peserta Murid-murid SLTP dan SLTA