Laporan Panitia Khusus DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah

Laporan Panitia Khusus DPRD terhadap LKPJ Kepala Daerah

Kamis, 21 Maret 2019, DPRD Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Panitia Khusus I,II,dan III DPRD Terhadap Laporan Keterangan PertanggunJawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2018.

Sebelumnya pada tanggal 13 Maret 2019 telah dilaksanakan Rapat Pembentukan Susunan Ketua, Wakil Ketua, dan Anggota Panitia Khusus I,II dan III terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2018, yang dilanjutkan dengan dilaksanakanya Rapat Panitia Khusus dengan menghadirkan OPD terkait pada Tanggal 14,15 dan 20. Masa Tugas Panitia Khusus ini baik I,II ataupun III adalah selama 3 (tiga) bulan yaitu mulai tanggal 13 Maret 2019 s/d tanggal 12 Juni 2019.

Penyampaian Laporan Panitia Khusus I,II,dan III DPRD Terhadap Laporan Keterangan PertanggunJawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2018 merupakan hasil dari Rapat Dengar Pendapat dengan OPD terkait.

Pembahasan oleh Panitia Khusus I,II,dan III DPRD Terhadap Laporan Keterangan PertanggunJawaban (LKPJ) Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara Tahun Anggaran 2018 yakni :

  1. Panita Khusus I (satu) membahas Desentralisasi Urusan Wajib        Pelayanan Dasar, Urusan Wajib Bukan Pelayanan Dasar,Urusan Pilihan dan fungsi penunjang urusan yang terdiri dari :
    • Pendidikan;
    • Kesehatan;
    • Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang;
    • Penanaman Modal;
    • Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah;
    • Administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil;
    • Ketenagakerjaan;
    • Ketahanan Pangan;
    • Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak;
    • Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana;
    • Perhubungan;
    • Pertanian dan Perikanan;
    • Perencanaan;
    • Keuangan;
  1. Panita Khusus II (dua) membahas Desentralisasi Urusan Wajib Pelayanan Dasar, Urusan Wajib Bukan Pelayanan Dasar,Urusan Pilihan dan fungsi penunjang urusan yang terdiri dari :
    • Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan
    • Ketenteraman, Ketertiban, dan Perlindungan Masyarakat;
    • Sosial;
    • Komunikasi, Informatika dan Persandian;
    • Lingkungan Hidup;
    • Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;
    • Kepemudaan dan Olahraga;
    • Statistik;
    • Kearsipan dan Perpustakaan;
    • Pertanahan;
    • Perindustrian dan Perdagangan;
    • Transmigrasi;
    • Kepegawaian;
    • Pemerintahan Kewilayahan;
    • Kebudayaan dan Pariwisata;
  1. Panitia Khusus III (tiga) membahas :

1. Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah :

  • Bagian Umum;
  • Bagian Organisasi;
  • Bagian Hukum;
  • Bagian Kesra;
  • Bagian Pembangunan;
  • Bagian Perekonomian;
  • Bagian Tata Pemerintahan dan Otonomi Daerah;

2. Sekretariat Dewan Perwakilan Daerah.

3. Penyelenggaraan Tugas Pembantuan :

  • Tugas Pembantuan yang diterima

4. Penyelenggaraan Tugas Umum Pemerintahan :

  • Kerjasama Antar Daerah;
  • Kerjasama Daerah Dengan Pihak Ketiga;
  • Koordinasi Dengan Instansi Vertikal Daerah;
  • Pembinaan Batas Wilayah;
  • Pencegahan dan Penanggulangan Bencana;
  • Pengelolaan Kawasan Khusus;
  • Penyelenggaraan Ketenteraman dan Ketertiban Umum;

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *