MUSRENBANG RKPD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020

MUSRENBANG RKPD Kabupaten Banjarnegara Tahun 2020

Senin, 25 Maret 2019, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RKPD di Pendopo Dipayuda Adigraha.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Banjarnegara, Wakil Bupati Banjarnegara, Jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjarnegara, Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Rahman Jamal selaku fungsional peneliti utama, Sekretaris Daerah Kabupaten Banjarnegara dan Kepala Baperlitbang Kabupaten Banjarnegara serta  diikuti oleh Bappeda kabupaten tetangga, staf ahli, asisten sekda, Kepala OPD, dan camat, hadir pula ketua komisi 2 DPRD Banjarnegara Djarkasi S.Th.I dan ketua komisi 4 DPRD Banjarnegara H. Pujo Hardiansyah, instansi vertikal, Balai pelaksana teknis Bina Marga wilayah Wonosobo, Balai Besar Serayu Citanduy Purwokerto, tim penggerak PKK Kabupaten, Dharma wanita persatuan, pimpinan ormas ,parpol, dan LSM serta perguruan tinggi.

Musrenbang merupakan forum penyampaian aspirasi masyarakat tentang proses pembangunan yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Kegiatan Musrenbang di laksanakan guna mendapatkan suatu kesepakatan di antara masyarakat pada daerah yang akan di laksanakan pembangunan guna memajukan setiap daerah mulai dari desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi hingga pusat.

Dalam sambutanya Ketua DPRD H. Nuryanto menyampaikan bahwa Musrenbang adalah hasil assessment paling penting terhadap usulan program prioritas dari masyarakat karena apa yang dihasilkan merupakan kebutuhan masyarakat yang sebenarnya. Mengacu pada aturan hukum yang berlaku, dalam hal ini UU No 25 Tahun 2004 tentang Strategi Perencanaan Pembangunan Nasional, maka partisipasi masyarakat menjadi prioritas utama dalam merencanakan pembangunan sebagai bentuk dari proses demokrasi.

Pada kesempatan ini Ketua DPRD juga menyampaikan beberapa hal yang harus dijadikan pedoman dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 Kabupaten Banjarnegara sebagai berikut :

  1. Pokok-pokok Pikiran (POKIR) DPRD;
  2. Pemerataan Pembangunan untuk mengurangi ketimpangan antar wilayah;
  3. Perijinan yang dirasa masih belum satu pintu;
  4. Peningkatan Produktifitas Pertanian;
  5. Penciptaan lapangan pekerjaan ;

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dalam sambutanya meminta kepada seluruh perangkat daerah dan pihak-pihak terkait untuk lebih mencermati isu-isu strategis daerah yang berkembang dan permasalahan Pembangunan Daerah yang aktual sebagai dasar dalam pengambilan langkah- langkah proposal yang konstruktif dan inovatif. Disamping infrastruktur, sektor-sektor lainnya seperti pertanian, industri, perdagangan pariwisata dan sumber sumber daya manusia perlu untuk mendapat perhatian yang serius agar mampu bersaing dengan daerah lainnya.

Bupati juga berpesan agar kedepannya anggaran yang ada dapat lebih fokus untuk membiayai program dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah dalam upaya mengatasi permasalahan baik pendidikan kesehatan infrastruktur kemiskinan dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Bupati merinci, infrastruktur jalan dan kondisi baik meningkat dari 58,83% pada akhir tahun RPJMD yang lalu menjadi 70,10 di tahun 2018 atau naik 11,7%. Kemudian angka kemiskinan dapat diturunkan dari 17,21% pada tahun 2017 menjadi 15,46 persen pada tahun 2018.

Sementara itu kepala Baperlitbang Drs Mulyanto M.Si dalam laporannya menyampaikan bahwa dilaksanakannya musrenbang RKPD tahun 2020 adalah dalam rangka menyepakati permasalahan dan isu strategis pembangunan daerah. Disamping itu menyepakati prioritas pembangunan daerah seperti program kegiatan, Pagu indikatif, indikator dan target kinerja serta lokasi.

Dalam musrenbang tersebut dipaparkan draft RKPD Kabupaten Banjarnegara tahun 2020, diharapkan dari pelaksanaan musrenbang ini yaitu untuk menyepakati tersusunnya rancangan RKPD tahun 2020 oleh peserta yang dituangkan dalam berita acara hasil kesepakatan Musrenbang.

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *