Upacara Penutupan Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 TA 2019

Upacara Penutupan Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 TA 2019

 

Penutupan Kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2019 dilaksanakan pada hari Rabu 27 Maret 2019 di Lapangan Desa Gentansari Kecamatan Pagedongan.

Dalam acara tersebut Dandim 0704 Letkol Inf. Dominggus Lopes,S.Sos memimpin langsung jalanya acara sebagai inspektur upacara. Hadir dalam kegiatan tersebut Drs. H. Indarto Wakil Ketua DPRD, Ketua Komisi II DPRD Djarkasi,S.Th.I,. Kapolres Banjarnegara AKBP Aris Yudha Legawa SH,S.I.K, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banjarnegara Amir, Kepala Bapermades Agus Kusuma, Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Singgih Haryono,Kepala DPKP Arifin Romli, Camat Pagedongan Agus Prasetyo S.Sos,. Serta Kepala Desa Gentansari.

Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah yang membutuhkan. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan fisik Yaitu merehabilitasi sarana dan prasarana yang rusak, meningkatkan sarana prasarana wilayah yang berada di pedesaan berupa infrastruktur, fasilitas umum dan sosial serta guna mengatasi berbagai masalah dan tantangan di bidang teknologi, ekonomi, sosial dan budaya.

Kehadiran Program TMMD ini bukan sekedar menghadirkan bangunan fisik, tetapi  yang lebih penting yaitu terbangunnya semangat gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa sebagai basis ketahanan wilayah menuju ketahanan nasional.

Dalam sambutanya Dandim 0704 Banjarnegara Letkol Inf. Dominggus Lopes, S.Sos., menyampaikan terimakasih serta apresiasi kepada seluruh pihak terkait terutama Pemerintah Kabupaten Banjarnegara serta masyarakat atas bantuan dan dukungannya sehingga kegiatan TMMD ini berjalan lancar sesuai target yang diharapkan.

Pasiter Kodim 0704 Banjarnegara Kapten Inf. Suharsana dalam laporanya menyampaikan kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 ini telah menyelesaikan kegiatan berupa pembangunan rabat beton sepanjang 943 meter, lebar 2,5 meter dengan ketebalan 0,20 meter, pembangunan talud sepanjang 246 meter, Tinggi 1,30 meter lebar 0,30 meter dan Pembuatan Plat Jalan panjang 3 meter, lebar 4 meter dengan ketebalan 0,20 meter sedangkan sasaran tambahan berupa pembangunan poskamling 1 unit dan Rehab RTLH 20 unit.

Upacara penutupan Kegiatan TMMD ini menandai berakhirnya program TMMD Reguler 104 dan Sengkuyung Tahap 1 Tahun Anggaran 2019 yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dan beberapa wilayah kabupaten di Jawa Tengah.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau langsung hasil Pembangunan dari Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun Anggaran 2019 oleh Dandim 0704 Banjarnegara beserta -jajaranya, Kapolres Banjarnegara, Wakil Ketua DPRD dan Ketua Komisi 2 DPRD, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Banjarnegara Amir , Danramil Pagedongan, Camat Pagedongan, Kepala Bapermades beserta staf, Kepala DPKP Arifin Romli serta Kepala Desa Gentansari.

Admin DPRD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *