HumasDPRD – Terhitung mulai tanggal 26 Agustus 2021 DPRD Kabupaten Banjarnegara melaksanakan Rapat dan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda). Rapat dan pembahasan Raperda ini dilaksanakan oleh Anggota DPRD yang tergabung dalam Panitia Khusus (Pansus) yang telah dibentuk pada Rapat Paripura Pembentukan Pansus pada tanggal 9 Agustus 2021.

Pembentukan Pansus yang kemudian akan melakukan pembahasan bersama eksekutif, merupakan kinerja untuk menghasilkan Peraturan Daerah (Perda), sebagai payung hukum dalam menerapkan kebijakan. Panitia khusus bertugas melaksanakan tugas tertentu dalam jangka waktu tertentu yang ditetapkan oleh rapat paripurna dan dapat diperpanjang oleh Badan Musyawarah apabila panitia khusus belum dapat menyelesaikan tugasnya. Panitia khusus dibubarkan setelah jangka waktu penugasannya berakhir atau karena tugasnya dinyatakan selesai.

Kali ini DPRD Kabupaten Banjarnegara membentuk 4 Pansus yang masing-masing adalah :

  1. Pansus 1 yang membahas Raperda Lambang Daerah bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Bagian Pemerintahan Setda dan Bagian Hukum Setda.
  2. Pansus 2 yang membahas Raperda Kabupaten Layak Anak bersama Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan, Dinas Sosial P3A, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga dan Bagian Hukum Setda.
  3. Pansus 3 yang membahas Raperda Pengelolaan Keuangan Daerah bersama Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah dan Bagian Hukum Setda.
  4. Pansus 4 yang membahas tentang Raperda Perubahan Keenam atas Perda Nomor 2 Tahun 2011 Tentang Penyertaan Modal bersama Badan Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah, Bagian Perekonomian Setda dan Bagian Hukum Setda.

Foto Kegiatan :