Humas.DPRD- Sabtu, 16 Oktober 2021 Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara Ismawan Setya Handoko,SE., menjadi Narasumber dalam kegiatan Seminar Politik di SMK Negeri 1 Bawang. Kegiatan yang mengangkat tema Remaja Kharismatik Remaja Berpolitik ini diikuti oleh perwakilan siswa dari masing masing kelas dan ekstrakurikuler yang ada di SMK Negeri 1 Bawang.

Kegiatan yang dilaksanakan guna memperluas wawasan para siswa-siswi tentang Politik ini berlangsung kurang lebih 2 jam yang dibagi dalam 2 sesi, yakni sesi penyampaian materi dan sesi tanya jawab. Dengan penyampaianya yang mudah diterima dan dimengerti para siswa, Ketua DPRD menjadikan seminar tersebut menjadi sebuah forum yang menyenangkan.

Bagi sebagian orang, membicarakan politik bisa jadi merupakan hal yang tidak menyenangkan, bahkan seringkali pesimisme timbul saat kita melihat gambaran mengenai hal-hal mengenai politik. Tapi nyatanya, politik tidak melulu berupa rentetan berita yang membuat telinga panas dan sesak dada.

Politik di sekolah menengah perlu diberikan dan diintegrasikan dalam ilmu-ilmu sosial Humaniora (Sosiologi, Sejarah, Kewarganegaraan, Antropologi) dan ilmu bahasa, terutama Bahasa Indonesia. Dalam disiplin ilmu tersebut siswa dihadapkan pada situasi nyata yang dihadapi dan disikapi setiap hari. Maka, sebenarnya sangat efektif untuk memperbaiki perilaku politik lewat disiplin ilmu tersebut.

Siswa tidak perlu diberikan pengantar ilmu politik secara bertubi-tubi, cukup diberikan pemahaman mendasar tentang peran dan manfaat politik dalam kehidupan masyarakat, ujar Ismawan.

Foto Kegiatan :