Humas.DPRD – Rabu, 27 Oktober 2021 DPRD Kabupaten Banjarnegara menggelar Rapat Paripurna Persetujuan DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 di Ruang Rapat Paripurna DPRD. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD  Arif Budi Waluyo,SE dan dihadiri langsung oleh Plh. Bupati Banjarnegara Syamsudin,M.Pd dan Sekda Banjarnegara Drs. Indarto,M.Si. Rapat juga dilaksanakan secara virtual melalui aplikasi zoom meeting bagi Anggota DPRD yang berhalangan hadir dan undangan lain.

Persetujuan DPRD Terhadap Rancangan Peraturan Daerah APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 ditandai dengan di serahkanya Naskah Persetujuan dari Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara kepada Plh. Bupati Banjarnegara. Setelah persetujuan ini, tahapan selanjutnya yaitu menunggu hasil evaluasi Gubernur, nomor registrasi dan izin Kementerian Dalam Negeri.

“Rapat paripurna berjalan dengan baik. Tiga hari berturut-turut, kita melakukan marathon. Hari ini sudah ada penyerahan Raperda APBD Perubahan 2021, dan kita tinggal menunggu evaluasi Gubernur, menunggu nomor registrasi dan izin dari Kemendagri. Baru setelah itu kita bisa melakukan penetapan,” kata Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara Ismawan Setya Handoko, SE. Dikatakan, sesuai ketentuan evaluasi Gubernur ini paling lama 14 hari. “Semoga secepatnya bisa dilakukan penetapan, karena semakin mendekati akhir tahun,” tambahnya.
Ismawan mengatakan anggaran pada APBD Perubahan 2021 ini dialokasikan untuk kepentingan pandemi. Pada APBD Perubahan ini tidak ada kegiatan fisik atau infrastruktur. “Untuk pembangunan di Banjarnegara dialokasikan pada APBD tahun 2022,” ungkapnya.

Plh Bupati Banjarnegara H. Syamsudin, M.Pd dalam pidatonya menyampaikan postur APBD Perubahan 2021 ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah terhadap pelayanan dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat serta prioritas anggaran digunakan untuk penanganan Covid-19. Hal ini tercermin dari anggaran yang besar untuk OPD yang menanganani urusan pelayanan wajib dasar. “Alokasi untuk penanganan Covid-19 tetap dijaga pada level delapan persen,” ungkapnya.
Menutup pidatonya, Syamsudin menyampaikan terima kasih kepada DPRD atas kerja sama yang selama ini telah terjalin dengan baik. Sehingga tercapai persetujuan atas Raperda APBD Perubahan 2021.

Foto Kegiatan :