Humas.DPRD – Selasa 16 Agustus 2022 DPRD Kabupaten Banjarnegara menggelar 2 kali Rapat Paripurna Istimewa. Yang pertama pada pukul 09.00 WIB Rapat Paripurna Istimewa dengan agenda Mendengarkan Pidato Presiden RI dalam Rangka Menyambut HUT RI ke-77 serta yang kedua pada pukul 13.00 Rapat Paripurna Istimewa DPRD Mendengarkan Pidato Presiden RI Dalam Rangka Penyampaian RUU Tentang APBN Tahun Anggaran 2023 Disertai Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya.

Rapat Paripurna di gelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Banjarnegara dan dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Banjarnegara di dampingi para Wakil Ketua serta dihadiri langsung oleh Pj. Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto,SH., Sekda Banjarnegara Indarto,M.Si, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjarnegara serta tamu undangan lain.

Dalam rapat tersebut, salah satu penyampaian dari pidato Presiden Republik Indonesia  Ir. Joko Widodo menyampaikan bahwa ada 5 (lima) agenda besar Indonesia maju yaitu Hilirisasi dan industrialisasi sumber daya alam, Optimalisasi sumber energi bersih dan ekonomi hijau, Perlindungan hukum, sosial, politik, dan ekonomi untuk rakyat, UMKM naik kelas, Pembangunan Ibu Kota Nusantara.

Ia juga menegaskan, agenda bangsa tidak boleh berhenti, langkah-langkah besar harus terus dilakukan, sehingga seluruh komponen bangsa harus bersatu padu mendukung agenda bagi pencapaian Indonesia maju, dengan komitmen, kerja keras, inovasi, dan kreativitas.

Presiden juga menyampaikan agar semuanya selalu berhati-hati dan waspada, selalu cermat dalam bertindak, dan selalu berhati-hati dalam melangkah, karena krisis demi krisis masih menghantui dunia, geo politik dunia mengancam kawasan. Presiden berharap, semoga apa yang menjadi cita-cita untuk kebaikan bersama, yaitu Indonesia maju diridhoi oleh Allah SWT, dan negara Indonesia pulih lebih cepat bangkit lebih kuat.

Dalam Sidang Nota Keuangan sekaligus juga membahas RUU APBN 2023 sidang tahunan MPR ini diawali oleh pidato pengantar dari ketua MPR RI Bambang Sosatyo dilanjutkan dengan pidato dari Ketua DPR RI Puan Maharani setelah itu Presiden Jokowi yang menyampaikan kinerja lembaga lembaga negara selama satu tahun terakhir.

Presiden Jokowi dalam pidatonya menyebutkan ada beberapa hal yang disebutkanya diantaranya ekonomi berhasil tumbuh positif di 5,44 persen pada kuartal dua tahun 2022,neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut turut dan di semester satu tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp.364 trilyun.

Foto Kegiatan :