PROFIL

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  ( DPRD ) adalah lembaga perwakilan yang dipilih langsung oleh rakyat melaluli pemlihan umum. Dalam melaksanakan tugasnya sebagai  representasi suara masyarakat , kinerja DPRD di bingkai dalam tiga fungsi utama yaitu fungsi legislasi , fungsi penganggaran dan fungsi pengawasan . Dalam upaya memperjuangkan aspirasi masyarakat , DPRD kabupaten banjarnegara telah melakukan upaya optimal dengan memaksimalkan kinerja DPRD  yang tentunya berada dalam tiga koridor fungsi tersebut .

Dalam pelaksanaan fungsi legislasi , DPRD telah melakukan berbagai trobosan berarti dengan melahirkan Peraturan Daerah ( Perda ) inisiatif yang di butuhkan  masyarakat . Dalam fungsi penganggaran , DPRD berupaya menjaga konsistensi siklus penganggaran daerah sehingga pembahasan dan penetapan anggaran daerah baik APBD Perubahan selalu di lakukan tepat waktu . dalam melakukan fungsi pengawasan , DPRD terus menerus melakukan mengawasan pelaksanaan pembangunan daerah sehingga dalam beberapa tahun belakangan pemerintah Kabupaten Banjarnegara mendapatkan Predikat  Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)  dari Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK ) .

Uraian uraian diatas adalah sebagai contoh kecil dari upaya maksimalisasi fungsi DPRD Kabupaten Banjanegara dalam melaksanakan amanat rakyat .Namun demikian , keterbatasan sarana informasi dan komnikasi sering menjadikan masyarakat tidak memiliki pemahaman yang utuh terhadap kinerja anggota DPRD , sehingga sering kali terjadi ketidak sesuaian penilaian masyarakat yang berpengaruh pada kurang baiknya citra DPRD dimata pemilih.

Website resmi DPRD Kabupaten Banjarnegara ini dibuat sebagai upaya lebih mendekatkan diri secara personal antara segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Banjarnegara dengan masyarakat di Era modern.